Hari Lahir Samaun Samadikun Ke-85 Google Doodle Hari Ini

Hari Lahir Samaun Samadikun Ke-85 Google Doodle Hari IniHari ini halaman pertama google dihiasi oleh coretan doodle, terlihat gambar dengan sketsa wajah serta background perangkat elektronik. Lantas, Apa google doodle hari ini? Dari kata kunci pencarian google, sekitar 1 juta pengguna mesin pencari terbesar ini memakai kata "Hari Lahir Samaun Samadikun Ke-85". Siapakah beliau?

Hari Lahir Samaun Samadikun Ke-85 Google Doodle Hari Ini
Hari Lahir Samaun Samidikun ke-85 (source)

Prof. Dr. Samaun Samadikun. Merupakan sosok Ilmuwan asal Indonesia yang jasa-jasanya dalam bidang elektronika sangat diakui dunia dalam ilmu pengetahuan, sehingga banyak orang menyebut Prof. Dr. Samaun Samadikun adalah bapak Mikroelektronika Indonesia. 

Prof. Samaun Samadikun juga seorang penulis dan sudah menulis banyak publikasi ilmiah nasional maupun internasional untuk bidang tunnel diodes, instrumentasi nuklir, fabrikasi IC, energi, industri elektronika, dan pendidikan serta menjadi editor buku "mikroelektronika".


Hari Lahir Samaun Samadikun Ke-85 Google Doodle Hari Ini
Prof. Samaun Samidikun  [IMG source]
Prof. Dr. Samaun Samadikun bercita-cinta untuk menjadikan kota Bandung sebagai" Kota Chip Indonesia". Beliau memprakarsai program Bandung High Technology Valley (BHTV). Beliau juga mendorong adanya investasi global untuk industri elektronika di Indonesia agar lebih terbuka lebar untuk lapangan kerja di bidang elektronik serta menginginkan para elektronika Indonesia bisa menghasilkan devisa negara. Menurut Profesor Doktor Samaun Samadikun, kemajuan industri elektronika Indonesia harus diukur dari segi jumlah nilai ekspor dan jumlah lapangan kerjanya.


Hari Lahir Samaun Samadikun Ke-85 Google Doodle Hari Ini
Samaun Samidikun [IMG source]
Prof. Dr. Samaun Samadikun wafat pada tanggal 15 November 2006 di usia yang ke 75. Wafatnya Pro Samaun Samidikun menjadi peristiwa dan berita nasional. Dan Hari ini merupakan hari peringatan bapak mikroelektronika Indonesia  Prof. Dr. Samaun Samidikun yang ke-85 hingga google juga turut memperingatinya  dengan Coretan Google Doodle.

Selamat jalan prof, kami tak akan pernah melupakan jasa-jasamu untuk Bangsa Indonesia, semoga engkau tenang di alam sana. amin. . .

Posting Komentar

  1. salut banget sama bapak samaun samadikun (h) (f)

    BalasHapus
  2. Keren mas, dari blog ini akhirnya saya tau pak samaun samadikun itu siapa.

    Salam,
    gerbongbiru.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai jasmine, terimakasih sudah berkunjung x-)

      Hapus