Daeng Soetigna Sang Pencipta Angklung, Menjadi Doodle Hari Ini

Daeng Soetigna Sang Pencipta Angklung - Lagi-lagi google dihiasi doodle asal Indonesia, dengan desain bertemakan seorang pria yang dikelilingi anak-anak kecil sambil memegang alat musik angklung, Siapakah dia? Ternyata sosok tersebut adalah Daeng Soetigna, yang merupakan sang pencipta Angklung Diatonis, sebelumnya Angklung sendiri memiliki nada Pentatonis (5 tangga nada). (wikipedia

Daeng Soetigna Sang Pencipta Angklung Doodle Hari Ini

Sungguh sangat membanggakan bangsa Indonesia, bahwa alat musik tradisional asli dari Indonesia tersebut sudah mendunia lewat Bapak Daeng Soetigna yang sekaligus menjadi Guru musik Internasional.

 Apresiasi Google Doodle 

Daeng Soetigna Sang Pencipta Angklung Doodle Hari Ini
[img source]
Tim Google doodle mengapresiasi ulang tahun  Daeng Soetigna yang ke-108 pada hari ini 13 Mei 2016 dengan menampilkan logo di mesin pencari terbesar adalah Google.

Sosok Daeng Soetigna 

Daeng Soetigna Sang Pencipta Angklung Doodle Hari Ini

Daeng Soetigna lahir di Garut pada 13 Mei 1908. Beliau asli, memiliki keturunan Sunda.  Di zaman belanda, Daeng merupakan sosok yang beruntung karena bisa menikmati pendidikannya di zaman itu. 

Daeng langsung menjadi guru. Pada umur 45 tahun. Pada tahun 1955 Daeng sempat bersekolah Teacher's College Australia sebagai salah satu kontingen dalam program Colombo Plan. Sepulang dari Australia, Daeng  diangkat menjadi konsultan pengajaran seni suara di SGA 2 Bandung, SGA Kristen Jakarta, SGA 1 Jogjakarta, SGA Balige dan SGA Ambon. 

Pada tahun 1957, menjabat sebagai Kepala Jawatan Kebudayaan Jawa Barat. Tahun 1960, diangkat sebagai Kepala Konservatori Karawitan, Bandung. Kemudian di tahun 1964, Pak Daeng pensiun dari pengabdiannya sebagai pegawai negeri sipil.

Atas asa-jasanya tersebut, Pak Daeng Soetigna  memperoleh berbagai penghargaan, termasuk penghargaan " SATYA LENCANA KEBUDAYAAN" dari Presiden RI (Republik Indonesia).

Baca Juga: 

Nah, itu tadi sosok Daeng Soetigna Sang Pencipta Angklung yang sudah diakui di seluruh dunia.  

Posting Komentar