Karl Landsteiner Bapak Transfusi Kedokteran, Google Doodle Hari ini

Karl Landsteiner  Bapak Transfusi Kedokteran, Google Doodle Hari ini- Hari ini tepatnya 14 Juni 2016, merupakan hari peringatan kepada tokoh seorang ilmuwan Austria yang memiliki keturunan Yahudi. Siapakah dia? Tokoh tersebut dikenal sebagai Bapak Transfusi Kedokteran bernama Karl Landsteiner.

Karl Landsteiner  Bapak Transfusi Kedokteran
[image source]

Dan hari ini pula, Google doodle turut memperingati dengan desain coretan logo doodle yang menggambarkan sosok ilmuwan dengan penemuannya berdiri di hadapan empat sel golongan darah.

Karl Landsteiner lahir di Venna, Lahir pada 14 Juni 1868 dan bersekolah di University Of Vienna, Austria dengan mengmbil jurusan Kedokteran. Berkat kepintarannya, seseorang yang hendak melakukan transfusi darah akan aman-aman saja tanpa takut salah. Penemuan Karl Landsteiner sangat berpengaruh bagi dunia khususnya dalam dunia kedokteran untuk menyelamatkan seseorang.
  
Karl Landsteiner  Bapak Transfusi Kedokteran
[image source]

Karl Landsteiner merupakan tokoh yang menemukan bahwa darah manusia terbagi atas 4 kelompok yang sekarang dikenal dengan golongan darah  A, B, AB dan O.

Bayangkan, jika seseorang hendak mendonor darah tetapi tidak tau golongan darah Recipient(penerima) butuhkan?. 

Terbukti pada tahun 1901, keempat tipe golongan darah  A, B, AB dan O lahir, setelah pengujian transfusi darah dilakukan antar manusia tanpa harus merusak sel dalam tubuh tersebut. 

Baca Juga: 

Pada tahun 1930, Karl Landsteiner diberi penghargaan luar biasa oleh dunia yakni 'Nobel' di bidang Kedokteran.

Karl Landsteiner, meninggal pada 26 Juni 1943 di usianya yang ke-75 tahun. Hari ini google doodle memperingati hari ulangtahun 14 juni ke-148. 

Posting Komentar